Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Strategi Bisnis Tipa-tipa (Oleh-oleh Khas Toba Samosir)

  • Mariana Simanjuntak Institut Teknologi Del
Keywords: Media Sosial, Strategi, Pengembangan Bisnis, Wirausaha, Tipa-tipa

Abstract

Abstract—Utilizing social media such as Websites, Facebook, Instagram, Blog, Twitter is one of business strategies. The business discussed in this study is tipa-tipa as the souvernir from the region of Toba Samosir. It is expected that social media can be used to promote tipa –tipa to local and international community. Social media can be utilized to attract people,to promote tipa-tipa and to increase people’s income in Toba Samosir. The findings were reached using the combination of quantitative and qualitative methods, scoring, interview, Focus Group Discussion (FGD), and SWOT analysis. The results show that the main strategy to develop marketing is the utilization of social media. The next strategy is to improve the quality of production, packaging.It was also found that the involving stakeholder in Toba Samosir can increase the promotion of tipa-tipa.

Keywords Social media, Strategy, Business Development, Entrepreneurship, Tipa-tipa.

 

Intisari—Memanfaatkan media sosial seperti website, Facebook, Instagram, Blog, Twitter adalah salah satu wujud strategi pengembangan bisnis tipa-tipa oleh-oleh khas Toba Samosir. Melalui media sosial harapannya tipa-tipa akan lebih dikenal oleh masyarakat lokal, interlokal dan internasional. Media sosial sebagai sarana mengajak masyarakat untuk tertarik terhadap tipa-tipa, selain melestarikan makanan khas, memperkenalkannya pada dunia juga akan memberi dampak positif terhadap pengembangan bisnis tipa-tipa, peningkatan pendapatan masyarakat Toba Samosir serta menumbuhkan cinta untuk tetap melaksanakan wirausaha tipa-tipa. Untuk mendapatkan hasil yang orisinil dan maksimal, peneliti menggabung metode campuran kuantitatif dan kualitatif, skoring dan interview, dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD), dan terakhir dengan analisis SWOT. Hasil menunjukkan bahwa strategi utama adalah peningkatan dan pengembangan pemasaran dengan menggunakan media sosial. Selain itu sebelum memasarkan perlu memperhatikan pada peningkatan mutu produksi, kemasan dan melibatkan stakeholder di Toba Samosir.

 Kata Kunci— Media Sosial, Strategi, Pengembangan Bisnis, Wirausaha, Tipa-tipa.

Published
2018-04-06